Rekomendasi 10 Film Dokumenter Terbaik Untuk Nambah Pengetahuan!

Sekarang ini, sangat banyak film yang di susun berdasarkan sebuah kisah fiktif atau tidak nyata. Beberapa film ini memang sudah di sutradarai atau di atur lebih dulu dengan perencanaan yang detail. Film dokumenter pun begitu.

Namun bedanya, film ini di buat dari kisah yang nyata. Terkadang memang film ini menuai pro dan kontra karena kebanyakan punya kaitan erat dengan isu sosial dan politik di dalamnya. Film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kenyataan sehingga sangat menarik untuk ditonton.

Selain bisa menjadi hiburan, dokumenter juga biasanya penuh dengan pengetahuan yang sangat bermanfaat. Nah, untuk kalian yang mulai tertarik dengan genre ini, kami akan berikan beberapa rekomendasi film dokumenter terbaik sepanjang masa untuk kalian.

1. Searching For Sugar Man (2012)

Film Dokumenter

Film satu ini bercerita mengenai seorang musisi yang tak terkenal di Amerika Serikat namun sangat di kagumi serta sangat menginspirasi banyak orang yang ada di Afrika Selatan. Nama musisi itu adalah Sixto Rodriguez yang kurang populer di Amerika. Tetapi, di Afrika Selatan namanya sangat di puja.

Ia hanya punya 2 album sepanjang karirnya dan keduanya terbilang gagal di pasaran. Namun begitu ia terkenal di Afrika Selatan, ia seakan – akan menjadi inspirasi yang luar biasa baik kepada para musisi maupun para pejuang anti apartheid yang menjadikannya anthem untuk anti apartheid.

Filmnya sendiri berkisah tentang usaha dari Stephen Sugar Segerman dan Craig Bartholomew Strydom yang merupakan 2 orang fans Sixto. Mereka berasal dari Cape Town dan ingin mencari idolanya tersebut. Hal ini di karenakan data mengenai idolanya sangat sedikit dan keberadaanya selalu jadi misteri. Selain itu, tak banyak orang yang mengetahuinya secara personal bahkan banyak rumor yang bertebaran mengenai sosok itu.

2. Fahrenheit 9/11 (2018)

Fahrenheit 9/11 (2018)

Film dokumenter satu ini merupakan adaptasi dari buku karangan Ray Bradburry dengan judul Fahrenheit 451 yang di publikasikan di tahun 1953. Ceritanya mengenai kondisi Amerika Serikat yang ada di dalam dunia distopia pasca insiden terorisme 11 September 2001.

Filmnya juga mengacu kepada pemilihan presiden Amerika Serikat di tahun 2016. Film ini sendiri di tulis, di sutradarai, serta di susun oleh pengamat politik bernama Michael Moore dengan genre kontroversial dan semi konspirasi.

3. Kurt Cobain: Montage of Heck (2015)

Film Dokumenter sejarah

Film yang satu ini mengangkat kisah di balik kehidupan seorang Kurt Cobain yang merupakan salah satu personil band Nirvana. Naik turunnya kehidupannya, hubungannya dengan Courtney Love, cerita dari para band Nirvana, perjuangannya dengan narkoba, sampai dengan akhir hidup Kurt pada usia 27 tahun semuanya di tampilkan di sini.

Film ini juga mencangkup karya seni dari Kurt Cobain serta musik dan juga kolase suara yang di susun oleh dirinya sendiri. Ada banyak musik serta kolase suara yang di rilis di soundtrack film, Montage of Heck: The Home Recordings.

4. The Cove (2009)

The cove merupakan film yang di sutradarai oleh Louie Psihoyos di mana ceritanya berpusat pada perburuan lumba – lumba yang ada di Jepang. Ceritanya mengenai mantan pelatih lumba – lumba sirkus yang beralih profesi menjadi seorang aktivis.

Di dalam film dokumenter satu ini, nantinya kalian akan melihat betapa kejamnya dunia pelatihan serta pembantaian lumba – lumba yang ada di balik layar. Film ini juga di anugerahi oleh Academy Award untuk film Dokumenter terbaik di tahun 2010 lalu.

Dokumenter ini berisi ajakan untuk berhentu membunuh dan menangkap lumba – lumba secara massal, mengubah praktik penangkapan ikan yang ada di Jepang, dan juga memberikan informasi sekaligus mendidik masyarakat mengenai penangkaran serta meningkatnya bahaya keracunan merkuri dari mengonsumsinya.

5. Jagal (The Act of Killing) (2012)

Film Dokumenter terbaik

The Act of Killing merupakan sebuah film Indonesia yang merupakan karya dari Joshua Oppenheimer. Film dengan durasi 122 menit ini menunjukkan kisah sejarah yang terjadi di tahun 1965 sampai 1966 di Indonesia.

Jagal sendiri sempat sangat viral dan menjadi sebuah kontroversi di Indonesia karena menyoroti kisah para algojo di masa itu. Algojo bertugas untuk menghukum para simpatisan PKI yang di perlihatkan di sini.

Dokumenter ini menyorot bagaimana para pelaku pembunuhan anti PKI yang terjadi di tahun 1965 – 1966 dan memproyeksikan dirinya ke dalam sejarah untuk menjustifikasi kekejamannya sebagai perbuatan yang heroik.

6. Oceans (2009)

Oceans adalah film dokumenter asal Prancis yang di buat oleh Jacques Perrin. Untuk kalian yang suka dengan laut pasti akan suka dengan film yang satu ini. Karena, film ini bercerita mengenai kehidupan laut yang memanjakan mata dengan pemandangan laut yang biru.

Kalau banyak film dokumenter yang punya biaya produksi yang tak terlalu banyak, film Oceans ini meraup biaya pembuatan mencapai US$80 juta. Film ini sendiri di ambil pada 50 tempat yang berbeda pada beberapa laut ternama di seluruh dunia sehingga butuh sekitar 4 tahun masa syuting.

7. Raincoat Killer: Chasing Predators in Korea (2021)

Film Dokumenter netflix

Kalau mau mencari film dokumenter di netflix, cobalah mencari judul Raincoat Killer: Chasing Predators in Korea ini. Film ini adalah film dokumenter Korea yang menyajikan kisah pembunuh berantai di Korea Selatan yang bernama Yoo Young Chul.

Ia di ketahui sudah membunuh sebanyak 20 orang di Seoul di rentang waktu 2003 sampai dengan 2004. Dari film ini, kita juga akan bisa melihat bagaimana proses para detektif menyelidiki kasus pembunuhan serta penangkapan pembunuh berantai yang sudah di hukum mati tersebut.

8. The Times of Harvey Milk (1984)

The Times of Harvey Milk bercerita mengenai perjuangan seorang tokoh kontroversial bernama Harvey Milk. Laki – laki ini merupakan seorang politikus San Fransisco yang berani hidup terbuka sebagai seorang gay.

Pada film dokumenter ini di perlihatkan dengan jelas usaha keras yang Milk lakukan untuk membangun komunitas aman untuk kaumnya serta mendukung kaum LGBTQ+ di Amerika Serikat di mana saat itu LGBT masih merupakan hal yang tabu.

Walaupun ia sudah wafat, namun film dokumenternya ini masih mendapatkan perhatian dari pecinta film dokumenter bahkan sudah meraih penghargaan Academy Awards untuk film dokumenter terbaik di 1985.

9. The Look of Silence / Senyap (2014)

Film Dokumenter indonesia

Satu lagi film dokumenter yang berasal dari Indonesia, Senyap juga merupakan film yang wajib kalian tonton. Film ini adalah sebuah kisah salah satu korban bernama Adi yang merupakan penyintas dan keluarga yang di tuduh sebagai bagian dari PKI.

Dokumenter ini juga merupakan film buatan sutradara asal Amerika Serikat yang bernama Joshua Oppenheimer dengan tema sentral pembantaian massal 1965 – 1966. Film ini pertama kali di putar di Indonesia pada tanggal 10 Desember 2014 secara serentak di berbagai kota sebagai bagian dari peringatan hari HAM sedunia.

10. I Am Not Your Negro (2016)

Dari judulnya saja kita mungkin sudah tahu kalau film ini merupakan film dokumenter sekaligus kritik sosial yang membahas sejarah rasisme yang ada di Amerika Serikat. Film ini di sutradarai oleh Raoul Peck, berdasarkan manuskrip James Baldwin yang belum selesai yaitu Remember This House.

Film ini juga di narasikan oleh aktor Samuel L. Jackson yang mengeksplorasi sejarah rasisme di Amerika Serikat lewat ingatan Baldwin mengenai pemimpin hak – hak sipil Medgar Evers, Malcolm X, serta Martin Luther King Jr. Ada juga pengamatan pribadinya mengenai sejarah Amerika.

Itulah beberapa rekomendasi film dokumenter terbaik yang wajib kalian tonton saat sedang bosan atau saat sedang mencari tontonan di rumah. Film – film ini di jamin sangat seru dan gak bakal nyesel kalau kalian tonton. Semoga bermanfaat.