Rekomendasi 10 Film Indonesia Terbaik Yang Harus Kamu Tonton

Film di Indonesia memang punya kualitas yang tak kalah bagus denganj film – film buatan Hollywood. Biasanya, film yang dibuat Indonesia punya kesan yang natural entah itu alur ceritanya maupun pengembangan karakter yang dibawakan.

Bioskop keren di negara kita saat ini juga banyak menampilkan film Indonesia terbaik dengan berbagai macam genre. Misalnya mulai dari horor, komedi, hingga romance semuanya tersedia lengkap untuk para penggemar film.

Kualitas film – film ini juga memang tak perlu diragukan lagi. Dengan jumlah penonton yang fantastis, film – film ini selalu berhasil mencetak prestasi. Nah, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi film Indonesia yang tak boleh sampai kalian lewatkan.

1. Laskar Pelangi

Laskar Pelangi

Film satu ini sudah meraih banyak sekali penghargaan internasional. Karena itulah sangat wajib kalian tonton. Selain itu, film ini juga sudah ditayangkan pada 5 benua di Indonesia. Ceritanya simpel, hanya menceritakan tentang perjuangan anak – anak Belitung yang akhirnya bisa menikmati bangku sekolah.

Semangat mereka untuk belajar sangat tinggi walaupun kondisi sekolahnya sangat sederhana. Namun, ancaman dinas pendidikan setempat mengancam bahwa sekolah tersebut harus ditutup karenas kekurangan mahasiswa.

SD yang bernama SD MUhammadiyah Gantung ini merupakan tempat di mana Ikal bersekolah. Di tengah kebingungan Ikal dan para guru di sekolah, datanglah sebuah keajaiban dimana Harun dan Lintang satang secara tiba – tiba dan mengagetkan seluruh jajaran pengurus sekolah.

Mereka semua pun dikenal dengan nama Laskar Pelangi. Secara garis besar film ini menceritakan tentang keseharian Ikal dan teman – temannya dalam menuntut ilmu dan menghabiskan waktu bersama. Namun yang membuatnya unik adalah anak – anak tersebut punya karakter yang berbeda – beda sehingga film ini semakin hidup.

2.Dua Garis Biru

Dua Garis Biru

Film terbaik di Indonesia ini tampil di Bioskop Indonesia pada 11 Juli 2019. Film ini bercerita mengenai kehidupan anak sekolah dimana ada Bima dan Dara yang berpacaran. Namun, masalah mulai muncul saat keduanya melakukan hal yang di luar batas berpacaran. Akhirnya, semuanya menjadi lebih rumit.

Mereka berdua bahkan sampai tidak bertegur sapa dan berpikiran untuk menggugurkan kandungan di dalam perut Dara. Kisah ini menceritakan tengan pendidikan seks terutama bahaya akan seks bebas. Film ini juga menjelaskan realita pernikahan dini yang masih dianggap tabu oleh masyarakat Indonesia.

Setelah menikah, Bima lalu bekerja sebagai pelayan di restoran ayah Dara. Di awal pernikahan mereka juga, Dara dan Buma sering berdebat soal ambisi Dara untuk pergi ke Korea dan juga mempersoalkan hidup anaknya kelak.

Akhirnya Dara diizinkan pergi ke Korea setelah melahirkan dan anaknya diberi nama Adam. Kehidupan rumah tangga kedua pasangan ini menghadapi cobaan berat untuk anak seusia mereka, yaitu sebagai orang tua.

3.Love for Sale

Love for Sale

Film romantis Indonesia satu ini bercerita mengenai percintaan pada era digital jaman sekarang. Ada Richard yang merupakan jomblo akut karena terlalu pemilih dalam menentukan pasangan. Lalu, di satu hari ia ditantang oleh temannya yang sudah mau menikah dengan cara membawa pasangan ke pesta pernikahannya. Jika tidak, tentu saja harga dirinya akan dipertaruhkan.

Richard lalu melakukan segala macam cara supaya ia bisa mendapatkan kekasih. Sampai akhirnya ia menggunakan aplikasi pencari jodoh yang mempertemukannya dengan Arini. Mereka awalnya merasa tidak cocok satu sama lain. Namun lama kelamaan benih cinta pun muncul di antara keduanya.

Love For Sale membangun standar yang tinggi mengenai bagaimana kisah percintaan orang dewasa seharusnya dipresentasikan lewat film. Dewasa dalam arti bahwa film ini menceritakan mengenai kisah kehidupan para karakter dewasa, dengan suguhan cerita yang dewasa dan dibuat dengan kesadaran yang juga dewasa sehingga menimbulkan kesan, feel, dan realisme yang kuat.

4.27 Steps of May

27 Steps of May

27 Steps of May merupakan film yang mengisahkan tentang May, seorang gadis 14 tahun yang sangat ceria. Namun, semuanya tiba – tiba berubah setelah ia mengalami kejadian yang sangat memilukan hati. Ia disiksa dan diperkosa oleh seorang lelaki bertubuh besar yang tidak ia kenal di malam hari setelah ia mencoba wahana kora – kora pada suatu pusat permainan.

Sejak saat itulah ia tak pernah berbicara sepatah katapun kepada siapa saja, termasuk ayahnya sendiri. Jika ayahnya memaksa, maka dirinya akan teriak histeris dan menunci dirinya di dalam kamar serta menyilet nyilet tangannya. Bahkan, saat rumah tetangganya kebakaran pun ia tak keluar dari kamar.

Sehari – harinya, May hanya membantu ayahnya membuat boneka di rumah. Namun, rasa trauma tersebut pun akhirnya ia alihkan ke atas ring tinju. Cerita ini menyoroti tentang seorang gadis yang menjadi korban pemerkosaan dan seorang ayah yang terus bergulat dengan rasa bersalah.

5.Ave Maryam

Ave Maryam

Ave Maryam adalah salah satu film terbaik indonesia yang punya alur cerita menarik dan tak pernah terbayangkan. Kisahnya mengenai Maryam yang bekerja menjadi suster di sebuah panti jompo. Suatu hari, ia pindah ke daerah Semarang dan menjadi seorang biarawati pada salah satu gereja di sana dan mengabdi sepenuhnya di sana.

Ia melakukan pekerjaan seperti membersihkan asrama, memandikan suster yang sudah tua, sampai menyiapkan makanan. Di ulang tahunnya yang ke 40 tahun, ia masih terus berusaha untuk memurnikan diri.

Namun, suatu hari ada Romo Yosef yang diperkenalkan oleh Romo Martin. Keduanya akan menetap di kota ini. Romo Yosef sangat pandai bermain musik sehingga Maryam jatuh hati. Kesetiaannya pada gereja berubah sejak hadirnya Romo Yosef.

6.The Raid

The Raid

Film Indonesi terbaik ini punya genre action yang menjadi film Indonesia pertama yang menembus pasar internasional. Ceritanya sangat menegangkan sehingga membuat tayangannya semakin melaju tinggi. Film ini menceritakan tentang Rama serta Jaka yang ada dalam kelompok polisi elit.

Mereka berdua menyerang apartemen di Jakarta demi menangkan seseorang yang selama ini menjadi incaran, yaitu Tama Riyadi. Namun, penyerangan mereka tak berjalan seperti yang diharapkan, mereka harus menghadapi anak buah dan panglima tempur dari bos penjahat itu.

Latar belakang film ini berada pada sebuah daerah kumuh di Jakarta. Tepatnya di sebuah apartemen terbengkalai yang akhirnya dialihfungsikan oleh gembong sindikat narkoba sebagai markas besarnya. Karena di tempat yang tertutup dan terbengkalai membuat segala aktivitas yang ada di dalam lingkungan apartemen itu tak bisa tercium oleh siapapun.

7.Balada Sepasang Kekasih Gila

Balada Sepasang Kekasih Gila

Film yang muncul di tanggal 20 Agustus 2021 ini mengisahkan tentang Jarot yang punya gangguan kejiwaan dan dirawat di RSJ. Lalu, ada Lastri yang diusir dari kampus kemudian diculik oleh tiga pria dan diperkosa bergantian. Karena marah dan depresi, Lastri pun membunuh mereka.

Namun karena sistem hukum yang tidak jelas, lastri yang merupakan korban malah dijebloskan ke penjara. Di suatu malam, Lastri pun kabur namun ia dikejar oleh anak buah Lisa. Jarot yang menjadi tuna wisma lalu datang menyelamatkan Lastri, mereka berdua pun jatuh cinta da menikah di hadapan kiai.

Film ini memiliki beberapa adegan yang sarat kritik sosial. Misalnya maraknya kasus korupsi yang tidak dihukum semestinya atau artis – artis yang suka memamerkan barang – barang mewah.

Lalu, aparat keamanan yang seringkali membubarkan gelandangan dengan sikap yang kasar. Ada juga kasus pemerkosaan terhadap orang dengan gangguan jiwa yang sering terjadi di kehidupan nyata.

8.Cek Toko Sebelah

Cek Toko Sebelah

Cek toko sebelah juga menyandang predikat sebagai film terbaik buatan Indonesia. Film ini juga terbukti sudah memenangkan beberapa kategori pada beberapa ajang penghargaan. Ceritanya mengisahkan mengenai seorang ayah yang memiliki dan mengelola sendiri toko yang ia punya.

Lalu, ia memiliki dua orang anak bernama Erwin dan Yohan dimana Erwin merupakan anak kesayangannya karena ia pintar dan bekerja di perusahaan besar. Sementara Yohan kurang disukai oleh ayahnya karena pekerjaannya yang itu – itu saja.

Suatu hari ayahnya jatuh sakit dan Erwin yang berada di Singapura diminta kembali untuk mengurus toko ayahnya. Padahal, saat itu ia sedang ditawari posisi yang lebih baik di kantornya.

Erwin kesal karena ayahnya menyuruhnya pulang ke Indonesia padahal ada Yohan yang memang tinggal di sana. Yohan pun tak kalah kesal karena ia merasa tidak dipercaya oleh ayahnya padahal ia sejak dulu sangat menyayangi orang tuanya. Namun akhir ceritanya sangat mengagetkan karena berbeda dari tebakan penonton.

9. June & Kopi

June & Kopi

June dan Kopi adalah film yang mengangkat kisah mengenai persahabatan manusia dengan anjing. Film ini sendiri terinspirasi dari pengalaman pribadi sang sutradara. Ia punya anjing adopsi bernama Cody dan yang satu lagi merupakan anjing berkaki tiga.

June dan Kopi menceritakan mengenai pasangan muda bernama Ayu dan Ale yang menyelamatkan dua ekor anjing jalanan. Anjing itu pun lalu dinamakan June dan Kopi. Meski dipungut di jalanan, namun June dan Kopi sangat nurut daat berada di dalam rumah.

Kedua anjing ini bahkan menjaga keluarga pasangan muda ini dan juga sangat paham dengan apa yang sang majikan perintahkan kepada mereka. June & Kopi bahkan bisa menghibur Acha dan suaminya dengan mengajak mereka bermain. Film ini mengajarkan kita mengenai anjing bukanlah hewan yang bisa disuruh – suruh namun juga merupakan bagian dari keluarga kita.

10.Aruna dan Lidahnya

Aruna dan Lidahnya

Aruna dan lidahnya sangat cocok bagi kalian yang suka dengan kuliner. Karena, film satu ini akan menceritakan mengenai persahabatan dua wanita serta dua pria yang suka jalan – jalan serta mencicipi berbagai makanan. Mereka sudah berjalan ke banyak tempat dan ke berbagai kota. Film ini juga berfokus dengan penyelidikan kasus flu burung yang dilakukan oleh dua orang di antara mereka.

Namun, di saat yang bersamaan sahabat Aruna yang bernama Bono ingin mengajaknya berlibur sejenak. Profesinya yang merupakan seorang chef mengharuskan Bono untuk kreatif dalam mengolah makanan.

Dengan maksud ingin mencari inspirasi dari kuliner berbagai daerah, untuk itulah ia ingin terlibat dalam investigasi Aruna. Ternyata, di Surabaya mereka berdua kedatangan sahabat mereka yang sudah lama tinggal di luar negeri bernama Nadezhda. Karena ingin menyelesaikan buku kulinernya, Nas pun tergoda ingin pulang ke Indonesia dan mengikuti perjalanan Aruna berwisata ke empat daerah itu.

Nah itu dia daftar film Indonesia terbaik yang wajib kamu tonton. Film – film di atas sangat wajib untuk kalian tonton karena memiliki kisah yang menarik di dalamnya yang sayang untuk di lewatkan. Kebanyakan juga tayang lama di bioskop keren Indonesia. Jangan lupa ditonton ya!