Rekomendasi 10 Film Raditya Dika Terbaik, Lucu dan Menyentuh!

Raditya Dika merupakan seorang komedian yang berasal dari Indonesia. Ia merupakan komedian yang paling terkenal saat ini. Pria kelahiran Jakarta 28 Desember 1984 ini awalnya dikenal berkat kisah – kisahnya yang lucu.

Biasanya, kisahnya menceritakan tentang dirinya serta kehidupan keluarganya yang ia tulis serta unggah di blog pribadinya. Nama Raditya Dika pun semakin dikenal leas oleh masyarakat setelah ia merambah ke dunia entertainment dan tampil sebagai seorang stand up comedian, pemain film, bahkan hingga sutradara film nya sendiri.

Banyak film yang dibintangi Raditya Dika yaang semuanya bergenre komedi yang meledak di pasaran karena mendapatkan respon positif dari penonton. Ciri utama dari film nya adalah unsur komedinya yang segar, bahkan konyol dan absurd. Nah, untuk kalian yang mau nonton film besutan Raditya Dika, di bawah ini kami akan berikan beberapa rekomendasi film nya.

1. Single

Single

Film satu ini mengisahkan tentang pengalaman Raditya Dika saat ia tidak punya pasangan alias single. Di dalam film ini, Raditya Dika yang berperan sebagai Ebi berusaha untuk menutupi statusnya itu dari keluarganya.

Raditya Dika yang berperan sebagai Alfi juga merupakan pemuda pengangguran yang sangat sulit mendapatkan pekerjaan. Walaupun sudah hijrah ke Jakarta setelah sekian lama, namun Alfa masih terus meminta sokongan dana dari mamanya.

Nasibnya juga semakin menyedihkan karena ia masuh jomblo dan belum pernah merasakan pacaran seumur hidupnya. Lalu suatu hari adik Alfi memberi kabar bahwa ia akan segera menikah. Alfi pun kalang kabut karena ia akan semakin dijatuhkan martabatnya jika di pernikahan adiknya ia masih datang sendiri. Lalu, apa yang akan ia lakukan?

2. Cinta Brontosaurus

Cinta Brontosaurus

Film satu ini memiliki genre drama komedi yang dibuat berdasarkan buku yang ditulis oleh Raditya Dika sendiri dengan judul yang sama. Kisahnya menceritakan tentang Dika yang merupakan seorang penulis. Ia yakin bahwa semua hubungan cinta pasti akan berakhir.

Saat ini ia baru saja putus cinta dengan pacarnya yang bernama Nina. Lalu, Kosasih yang merupakan agen naskah Dika mencoba membuatnya kembali yakin pada cinta. Kosasih ingin mencontohkan dengan dirinya dan istwinya Wanda yang bisa bertahan lama.

Namun, pemikiran itu berubah saat Dika bertemu dengan seorang perempuan yang bisa memutarbalikkan logikanya itu. Para pemain yang bermain di sini antara lain adalah Raditya Dika, Eriska Reoin, Pamela Bowie, Tyas Mirasih, Ronny P Tjandra, dan Soleh Solihun.

3. Koala Kumal

Koala Kumal

Cerita di film ini juga masih berkisah tentang kegagalan hubungan asmara pemeran utamanya yang dibintangi oleh Raditya Dika. Kali ini, ia harus batal menikah dengan Andrea karena pacarnya itu berselingkuh dengan James.

Dika yang patah hati karena hal itu membuat dirinya kesulitan untuk menyelesaikan buku yang ia tulis. Lalu suatu hari, ia dipertemukan dengan seorang wanita bernama Trisna yang ingin membantunya untuk melupakan masa lalu.

Trisna lalu membuat Dika melakukan segala cara agar bisa mengakhiri patah hatinya serta menyelesaikan bukunya yang hampir selesai. Karena Trisna, Dika jadi mempunyai perspektif yang baru mengenai cinta dan mulai menjalani kehidupan normal lagi.

4. Cinta Dalam Kardus

Cinta Dalam Kardus

Salah satu film Raditya Dika terlucu ini masih berkaitan dengan masalah kehidupan sehari – hari kebanyakan remaja yang skeptis dengan sebuah hubungan cinta. Raditya Dika yang berperan sebagai Miko merupakan seorang remaja yang memiliki pemikiran skeptis mengenai cinta.

Suatu hari, Miko yang merupakan cowok yang canggung mencoba ingin stand up comedy untuk melupakan problemnya dengan kekasihnya, Putri. Namun, saat di atas panggung, Miko malah menceritakan barang – barang peninggalan 21 mantan kekasihnya yang ia simpan di dalam kardus.

Seiring dengan ia menceritakan barang – barang itu, Miko belajar sesuatu yang penting mengenai cinta. Pemikirannya yang skeptis mengenai cinta pun akhirnya berhasil dijungkirbalikkan oleh sebuah kenangan hadiah mantan yang tersimpan di dalam sebuah kardus.

5. Hangout

Hangout

Film satu ini mungkin agak berbeda karena disini Raditya Dika sebagai penulis skenario dan sutradara mencoba bereksperimen dengan menampilkan film horor komedi. Film ini berkisah tentang sebuah undangan misterius yang diterima oleh Dika dan sejumlah artis ibukota yang memerankan dirinya sendiri ke sebuah pulau.

Dikw mendapatkan udangan misterius dari seorang pria bernama Toni P. Sancalu. Ia diundang ke sebuah pulau terpencil untuk menghadiri acara dengan iming – iming honor besar, saat sampai di pelabuhan dekat pulau, Dika lalu bertemu dengan sejumlah publik figur lainnya.

Saat mereka sudah sampai di penginapan dan sedang menyantap makan malam, tiba – tiba om Muchus tewas keracunan. Mereka pun ketakutan. Dika, Gading, dan Prilly memutuskan untuk pulang sementara yang lain tetap tinggal. Namun, satu per satu dari mereka pun meninggal.

6. Manusia Setengah Salmon

Manusia Setengah Salmon

Film satu ini diangkat dari buku best Seller Raditya Dika yang judulnya sama. Film ini juga sama lucunya dengan kisah – kisah yang ia rangkum di dalam bukunya. Manusia Setengah Salmon menceritakan tentang Raditya Dika yang harus pindah rumah karena beberapa alasan.

Ia merasa bahwa kepindahannya kali ini akan berujung pada sebuah masalah. Dan ternyata, kepindahannya ini membuat Dika harus bertemu dengan seorang perempuan yang pernah ia taksir saat SMA.

Dika lalu mencoba mendekati temannya tersebut dan mereka berdua sering menghabiskan waktu bersama. Dika yang saat itu sedang berusaha move on dari mantan kekasihnya pun perlahan – lahan berpindah hati ke teman SMP nya tersebut.

7. The Guys

The Guys

Sama seperti hang out, film satu ini juga tidak diangkat dari bukunya Raditya Dika sebagai bahan skenario. Walau begitu, namun jalan ceritanya masih berkaitan dengan kisah hidup Raditya Dika yang pernah menjadi seorang pekerja kantoran sebelum akhirnya ia memutuskan untuk banting setir sebagai penulis.

Dika berperan sebagai Alfi yang merupakan karyawan biasa yang tinggal serumah dengan 3 sahabatnya yaitu Rene, Aryo, dan Sukun. Suatu hari, Alfi jatuh cinta pada teman sekantornya bernama Amira. Namun, Amira juga didekati oleh banyak laki – laki di kantornya.

Setelah melalui berbagai upaya dan dibantu oleh para sahabatnya, Alfi akhirnya mendapatkan kesempatan untuk bisa dekat dengan Amira. Sayangnya, masalah lain muncul dimana Amira ternyata merupakan anak dari Pak Jeremy, atasannya di kantor. Tak selesai sampai disitu, bahkan Pak Jeremy juga jatuh cinta pada ibu dari Alfi.

8. Marmut Merah Jambu

Marmut Merah Jambu

Di dalam film ini, Raditya Dika bukan hanya terlibat sebagai seorang penulis skenario. Film yang diangkat dari novel karyanya yang berjudul sama ini juga menjadikan Raditya Dika sebagai sutradara di dalam film nya sendiri.

Film ini bercerita tentang dua sahabat yaitu Dika dan Bertus yang terobsesi ingin menjadi populer di sekolah. Demi meraihnya, mereka pun rela melakukan apa pun mulai dari bergabung ke setiap ekstrakulikuler hingga mengikuti saran Dika.

Namun, usaha yang mereka lakukan selalu gagal. Padahal, Dika sangat ingin menarik perhatian Ina dari kepopulerannya. Lalu suatu hari Betrus mengajak Dika untuk membuat grup detektif bersama Cindy. Mereka pun mulai memecahkan berbagai kasus di sekolah dan mulai jadi populer.

Namun, ada suatu hal yang membuat persahabatan mereka bertiga rusak. Lalu, apa yang akan terjadi selanjutnya?

9. Target

Target

Film Raditya Dika terbaru ini memiliki unsur thriller dan action yang dicampurkan dengan komedi. Target bercerita tentang 9 orang selebritis yang berniat untuk syuting di sebuah film yang berjudul target.

Mereka lalu ditempatkan ke sebuah gedung kosong penuh kamera dan tertutup. Lalu tiba – tiba terdengar suara misterius yang menyebut dirinya sebagai Game Master. Ia memberi tahu bahwa mereka semua memiliki karakteristik yang berbeda dan harus berhadapan dengan hal – hal aneh di lokasi ini dalam waktu 24 jam.

Bukan hanya itu, Game Master juga bilang kalau hanya ada satu orang yang akan selamat dari permainan ini. Mendengar hal tersebut, sembilang orang tersebut pun mencari cara bagaimana bisa memenangkan permainan dan menjadi yang selamat.

10. Malam Minggu Miko

Malam Minggu Miko

Sebelum diangkat ke layar lebar, film Raditya Dika ini merupakan serial komedi yang ditayangkan pada salah satu stasiun televisi swasta. Karena ceritanya yang kocak serta akting pemainnya yang pas dengan cerita, maka serial komedi ini mendapatkan rating yang sangat baik pada masanya.

Cerita di film ini masih mengisahkan tentang Miko, Dovi, dan Anca yang punya masalah di dalam hidupnya mulai dari masalah asrama hingga perkuliahan. Miko selalu gagal setiap kali ia dekat dengan seorang wanita.

Rian yang sudah berpetualang sebagai stand up comedian di perahu – perahu merasa yakin kalau itu disebabkan oleh kutukan masa lalu Miko karena Rian bermimpi melihat sesuatu mengenai sebuah barang yang Miko simpan dari SMP.

Mereka berdua pun berusaha menelusuri teman – teman dari masa SMP, mencari yang menjadi kemungkinan penyebab kutukan itu. Sedangkan Dovi masih terus berkutat dengan masalah kuliah hukumnya yang membuat ia semakin stress.

Semua daftar film Raditya Dika di atas bisa kalian tonton sebagai hiburan. Semua film nya memiliki alur cerita yang sangat ringan dan menghibur. Mungkin, ada beberapa dari kalian yang memang merupakan penggemar Raditya Dika. Kalau iya, mana nih film yang jadi favorit kamu?